May 22, 2013

Cara Membujuk Anak Susah Makan


anak susah makan, obat nafsu makan alami, obat nafsu makan cepat herbal tiens, SMS 085793919595, obat herbal tiens zinc nafsu makan
Salah satu masalah lain yang membuat ibu-ibu pusing adalah saat anaknya tidak doyan makan. Padahal sudah banyak menu disodorkan tetapi si kecil enggan menyentuhnya dan lebih senang larut dalam jajanan.

Aduh... bagaimana sih cara membujuk anak agar doyan makan?
Coba cara ini ya, bund:

Masak sendiri
Jangan gantikan tugas Anda yang satu ini pada orang lain. Sediakan sendiri menu khusus untuk si kecil. Banyak kok buku-buku menu masakan yang menyediakan resep-resep mudah yang bisa Anda coba sendiri di rumah.
Libatkan ia dalam proses
Agar si kecil lebih semangat untuk makan, libatkan ia dalam proses memasak. Biarkan ia yang membantu membawa baskom, atau memetik sayuran sekedarnya. Atau apabila ia masih terlalu kecil untuk melakukannya, setidaknya biarkan ia melihat proses memasak.

Harus kreatif
Jangan menyediakan menu seadanya saja. Anda memang dituntut untuk lebih kreatif dan berusaha menyajikan makanan unik. Misalnya saja gantikan piring si kecil dengan piring berbentuk lucu, kemudian tata menu makanannya sehingga ia tertarik melihatnya. Setidaknya memang ia dibuat tertarik melihat dulu sebelum mencicipinya.

Perkaya rasanya
Kalau hanya diberi menu itu-itu saja, tentunya si kecil gampang bosan. Ganti terus menunya sehingga ia tahu mana-mana saja makanan yang ia sukai rasanya. Anda juga jadi tahu selera makan si kecil, sehingga lebih mudah menyajikan makanan sesuai seleranya.

Makan bersama
Anak-anak seringkali enggan makan karena ia hanya makan sendirian. Biasakan agar saat si kecil makan, Anda juga makan. Hal ini dapat membuatnya percaya bahwa menu makanan yang disajikan memang enak, sehingga Anda harus terlihat mencicipinya terlebih dahulu.

Selain itu, makan bersama juga membuatnya merasa nyaman serta termotivasi menghabiskan makanannya. Momen ini adalah momen penting bagi perkembangan anak agar ia merasa dicurahi perhatian dan cinta.

Biasakan makan di meja makan
Kalau anak-anak rewel, biasanya ibu akan membawanya jalan-jalan sambil makan. Kebiasaan ini menimbulkan pro dan kontra karena ada baiknya memang anak-anak sedari dini diajari untuk makan di ruang makan. Membiasakannya makan sambil jalan-jalan akan membuatnya jadi lebih rewel serta sulit diajak makan. Dengan fokus pada makanan di meja, maka ia akan lebih disiplin hingga saat dewasa.

Siapkan dessert kejutan
Sesekali bolehlah Anda menyiapkan dessert sebagai hadiah untuknya. Entah itu berupa ice cream atau puding warna-warni yang menggugah selera. Dessert juga bisa dijadikan sebagai reward apabila ia berhasil menghabiskan menunya, sehingga ia jadi terbiasa makan sesuai porsi dan tidak lagi rewel. (vemale)


BACA JUGA :

Ayo Dong Makan, Nak! Sedikit Aja

Susunan Makanan Seimbang Bagi Tumbuh Kembang Anak

1 comment:

  1. Udah paling pusing kalau anak males makan, jadi saya kasih suplemen khusus untuk anak Tara Kid dan mencoba variasikan makanannya

    ReplyDelete